Cara Centang Hijau di WhatsApp dan Saluran WA

Photo of author
Written By Nick

Pecinta suara Google, mengembangkan beberapa text to speech engine populer dalam berbagai bahasa.

Kegunaan dari centang hijau di WhatsApp adalah untuk meningkatkan tingkat kepercayaan dan menunjukkan bahwa akun ini asli dan terkenal. Sejauh ini tidak ada fitur tambahan khusus bagi pemilik akun centang hijau ini. Keberadaannya hanya sebagai pajangan, seperti centang biru pada aplikasi lain.

Dan akun WhatsApp centang hijau ini ada dua. Yaitu saluran WhatsApp atau channel dan akun bisnis. Anda ingin membuat centang hijau di mana? Apakah keduanya? Berikut adalah caranya.

Cara agar Akun dan Saluran WhatsApp Centang Hijau

Ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai WhatsApp centang hijau:

  • Cara ini tidak bisa dilakukan di WhatsApp biasa atau WhatsApp bisnis (memakai aplikasi khusus)
  • Nomor yang didaftarkan untuk WA centang hijau harus nomor yang belum dipakai mendaftar. Jika sudah digunakan mendaftar WhatsApp biasa atau WA bisnis, Anda perlu menghapusnya
  • Anda butuh mengunduh aplikasi khusus
  • Memanfaatkan perusahaan untuk membantu pengajuan centang hijau. Seperti Qiscus, Qontak, atau Kata.ai
  • Cara ini tidak gratis, per bulan kita bisa bayar Rp 750.000
  • Brand atau perusahaan Anda harus terkenal agar pengajuan diterima

Baca Juga: Cara Nonton LokLok di TV untuk Akun Gratis dan Premium

Adapun langkah-langkahnya bisa diikuti di bawah ini:

Langkah 1

Siapkan nomor yang belum terdaftar di WhatsApp biasa atau WhatsApp business. Kemudian siapkan semua yang berkaitan dengan bisnis Anda. 

Pastikan bisnis Anda memiliki semua jenis media sosial seperti IG, Facebook, TikTok, website dan paling penting memiliki liputan berita. Coba lihat saja akun-akun centang hijau di WhatsApp. Seperti Kompas, Netflix, Mobile Legends dan lain-lain. Belajar dari akun-akun official yang sudah centang hijau. 

Langkah 2

Berikutnya ajukan permohonan ke BSP (Business Solutions Provider) atau perusahaan pihak ketiga yang ditunjuk oleh WhatsApp. Perusahaan-perusahaan itu seperti Qiscus, Qontak, Kata.ai. 

Kita bisa mendapatkan aplikasi yang nantinya terhubung ke WhatsApp official. Aplikasi khusus itu bisa digunakan menerima dan mengirim pesan. Lalu perusahaan-perusahaan itu akan membantu mengirim permintaan peninjauan centang hijau.

Lihat: Status WA 45 Detik

Langkah 3

Kirimkan dokumen-dokumen yang diminta. Lalu tunggu persetujuan permintaan centang hijau. Proses menunggu bisa mencapai seminggu atau lebih cepat.

Ada kemungkinan permintaan ini ditolak, bisa juga diterima. Kalau bisnis Anda terkenal, pasti lebih mudah diterima. Jika sudah diterima, Anda pun juga bisa membuat saluran WA centang hijau. 

Terkait: Perbedaan Akun WA Diblokir Orang, Akun Tidak Aktif dan Nomor Anda Dihapus

Kriteria Layak atau Tidaknya Akun Mendapatkan Centang Hijau WhatsApp

Apakah Anda memenuhi syarat kelayakan atau tidak? Anda bisa berintropeksi di sini:

  1. Memiliki akun manajer bisnis Facebook yang terverifikasi
  2. Akun harus bisnis. Tidak boleh individu atau pribadi
  3. Bisnis atau merek Anda harus terkenal
  4. Minimal pernah diliput media 
  5. Memiliki reputasi online yang baik

Jika Anda mampir ke artikel ini karena melihat tutorial gampang akun WhatsApp centang hijau hanya dengan mengetik /verifikasi, percayalah, itu hoaks dan editan saja. Aslinya caranya sangat rumit dan berbayar.

Karena perusahaan Meta sangat ketat soal masalah verifikasi ini. Tidak semua perusahaan bisa lolos. Jadi orang biasa apalagi akun pribadi, tidak mungkin semudah iti mendapatkan centang hijau.

Leave Reply